Phillip Island - Pembalap Harus Masuk Pit Stop Di Race Besok
Lomba MotoGP di seri Australia, bakal berlangsung lain
dari biasanya, karena pengarah lomba (Race Direction) menerapkan format
baru. Bila biasanya, para pembalap bertarung tanpa jeda hingga garis
finis, pada lomba pekan ini, para pembalap diwajibkan masuk ke pit.
Para
pembalap akan dipaksa masuk ke pit stop untuk mengganti ban atau
motornya. Peraturan ini dikeluarkan karena pemasok ban MotoGP,
Bridgstone, tidak menjamin keamanan ban bila dipakai untuk melahap habis
jarak tempuh yang diperlukan hingga garis finis.
Biasanya
format ini diterapkan bila lomba berlangsung di bawah cuaca yang
berubah-ubah hingga pembalap harus mengganti ban untuk menyesuaikannya
dengan kondisi lintasan, dari basah ke kering atau sebaliknya.
Tapi
dalam kasus ini, pembalap hanya akan mengganti ban dengan tipe sama,
lantaran dari hasil analisis tim Bridgestone, ban belakang diperkirakan
tidak akan mampu berfungsi normal setelah 14 putaran di Phillip Island,
karena permukaan sirkuit yang baru dilapisi aspal baru, membuat ban
cepat panas.
“Kami mendapat peringatan dari Bridgestone bahwa
mereka tidak bisa menjamin keamanan ban belakang di atas 14 lap. Karena
itu, kami memutuskan untuk membuat sejumlah perubahan untuk lomba nanti,
demi keselamatan para pembalap,” demikian pernyataan pengarah lomba,
seperti dikutip Crash.
Pada balapan yang akan digelar
besok, pengarah lomba juga memutuskan untuk menggelar balapan dalam 26
lap dengan ketentuan para pembalap diwajibkan minimal satu kali
melakukan penggantian motor/ban.
“Tidak ada pembalap yang akan
diizinkan melahap lebih dari 14 putaran dengan menggunakan satu ban
belakang. Ini berarti, pembalap yang mengganti ban sebelum lap ke-12
harus melakukan pergantian kedua sebelum menyelesaikan balapan.”
Selain
itu, ada tiga poin tambahan yang dikeluarkan pengarah lomba. Pembalap
yang mengunakan mesin “pabrikan” dan “satelit” disyaratkan menggunakan
ban tipe keras (B51DR) dengan penambahan kuantitas yang akan
dialokasikan Bridgestone.
Sementara pembalap dengan mesin “CRT”,
akan menggunakan pilihan ban keras CRT (B50DR).Sama dengan yang diatur
untuk pembalap “pabrikan” dan “satelit”, kuantitas ban untuk pembalap
“CRT” akan dialokasikan sesuai kebijakan Bridgstone.
“Batas
kecepatan di pit juga akan ditambah, baik ketika masuk dan keluar.
Sedangkan rute keluar untuk pembalap kembali ke lintasan akan ditandai
dengan garis putih di area runoff. Pembalap yang melanggar garis ini akan dikenai penalti.”
Sabtu, 19 Oktober 2013
Berita Terbaru
03.43
No comments
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar